STRATEGI MENCEGAH DAN MENGATASI ALERGI SUSU SAPI

Jika ternyata anak berisiko tinggi mengalami alergi, maka tindakan pencegahan yang dapat dilakukan sebelum gejala alergi muncul, yaitu:
  1. ASI eksklusif selama 6 bulan pertama
  2. Hindari paparan asap rokok selama hamil dan setelah bayi lahir
  3. Selama hamil dan menyusui, ibu tidak menghindari makanan yang sering menimbulkan alergi seperti telur, kacang-kacangan, ikan, dan makanan laut serta susu sapi
  4. Pengenalan makanan padat untuk anak dimulai pada usia 6 bulan
  5. Tidak ada penundaan pemeberian telur, kacang, ikan dan makanan laut serta jenis makanan lainnya pada waktu Si Kecil mulai mendapat pengenalan makanan padat
  6. Pemberian susu formula Protein Terhidrolisa
  7. Susu formula Protein terhidrolisat Parsial (P-HP) memiliki rantai protein yang lebih pendek dan mudah dicerna sehingga kemungkinan untuk menyebabkan alergi lebih kecil.
  8. Untuk bayi dan anak yang mendapatkan susu formula dan ternyata alergi terhadap protein susu sapi, maka strategi yang paling tepat untuk mengatasi alergi susu sapi adalah menghindari protein susu sapi yang utuh dan sebagai penggantinya bisa diberikan formula hidrolisat penuh, formula asam amino, atau formula isolat protein kedelai (soya).

 

Bagaimana halnya dengan bayi yang mendapatkan ASI dan menunjukkan gejala alergi ?
Ibu menyusui dianjurkan untuk tidak mengonsumsi susu sapi, telur, ikan, kacang umbi, kacang pohon (almon, kenari).
Pencegahan yang tepat sejak dini dapat menghindarkan anak dari penderitaan karena alergi dan menjadikan anak merasa lebih baik. Ibu tidak perlu merasa khawatir karena dengan penanganan yang tepat, didukung oleh nutrisi yang sesuai, anak-anak dengan alergi juga bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Konsultasikan dengan dokter, nutrisi yang tepat untuk anak agar kebutuhan gizi anak tetap terpenuhi dan tumbuh kembangnya optimal.
 
 

ARTIKEL TERKAIT

9 Hal Penting Ketika Memberikan Anak Susu Formula
Selengkapnya
Intoleransi Laktosa Bisa Disebabkan Faktor Keturunan
Selengkapnya
Cermat Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak
Selengkapnya